Spare Part Mobil Yang Harus Rutin Diganti

0
331

Mobil merupakan kendaraan yang sudah banyak dimiliki oleh kalangan masyarakat. Mobil ini sebagai benda berjalan pasti perlu perawatan rutin. Beberapa spare part mobil bisa rusak baik karena pemakaian normal ataupun usia pakainya yang bisa dibilang sudah cukup lama. Untuk itu, dan berikut ada beberapa komponen yang bisa Anda ganti.

Spare Part Mobil Yang Sering Diganti

  1. Laher (bearing)

Untuk spare part mobil yang sering di ganti atau diservis ialah Laher atau bearing, dan ada juga yang menyebutnya dengan bantalan. Khusus untuk diganti pada bagian yang berada di roda, puli AC dan tensioner. Karena posisinya yang rendah dan juga sering terendam air. Kemudian setelah kering, timbul karat dengan tAnda-tAnda bunyi yang mendengung. Oleh karena itu harus diganti.

  1. Motor starter

Motor starter yang berada diposisi yang rendah, sehingga membuat motor stater ini akan mudah rusak. Untuk bagian yang terserang, gulungan atau kotor dan bendix. Kalau spare part mobil ini kerusakannya tidak terlalu parah masih bisa diperbaiki. Bila tidak harus diganti dengan yang baru.

  1. Karpet dek

Meski sering kali karpet dek tidak dihiraukan namun hal ini akan mengakibatkan bau yang tidak sedap dan sulit sekali untuk dihilangkan. Oleh karena itu spare part mobil ini harus Anda ganti dalam jangka waktu tertentu. Selain itu juga karpet dek yang tidak diganti maka bentuknya akan berubah menjadi lebih mengerut.

  1. Oli Mesin

Pergantian oli mesin secara rutin memang sangat penting, semua itu untuk menjaga mesin Anda agar tetap segar dan performa tinggi. Ada baiknya untuk Anda yang melakukan pemanasan mesin dengan kondisi mobil yang berjalan, hal ini dilakukan karena tidak akan terjadi pengendapan.

Sering Dibaca:  Yamaha Rilis MX King, V-Ixion, YZF-R15 dan YZF-R25, Versi Movistar MotoGP

Khususnya bagi mobil bermesin Diesel ada baiknya untuk lebih sering melakukan pergantian oli, sebab kualitas bahan bakar yang tidak sebaik bensin, alhasil oli menjadi lebih mudah kotor. Dan untuk Anda yang berminat membeli mobil murah di bukalapak saja disana Anda bisa memilih mobil apa saja, dengan harga yang murah, dan kulaitas yang bagus.

5. Air Filter

Untuk mengganti Air filter ini ada bisa memasangnya sendiri di garasi rumah Anda, tanpa adanya bantuan Ahli, tetapi perannya amat fatal untuk suplai udara di dalam ruang pembakaran kendaraan Anda, dan akan menyebabkan udara bercampur menjadi kotor dan performa kendaraan yang menurun, untuk filter udara ukuran stAndar yang terbaik hanya sekali pakai saja.

Sering Dibaca:  Jadwal & Hasil MotoGP 2015 San Marino Misano Italia : Latihan Bebas FP, Kualifikasi, & Final Live Race

6. Oil Filter atau Penyaring Oli

Biasanya perangkat ini Idealnya diganti bersamaan dengan pergantian oli, yang kadang sering terlupakan karena banyak montir yang kurang menyarankan pergantian tersebut, jadi Anda perlu lebih waspada, karena saringan oli yang kotor dapat menyebabkan penurunan kualitas oli, sehingga akan membuat kerusakan yang fatal pada bagian mesin Anda karena penyumbatan dari kotoran, proses sirkulasi oli.

  1. Fuel Filter atau Filter Bahan bakar

Untuk yang satu ini sangat penting karena dapat menjaga kualitas bahan bakar Anda sebelum masuk kedalam ruang pembakaran. Khususnya untuk memisahkan dari kotoran maupun air yang disebabkan oleh embun.

Menjaga kondisi Filter yang baik yaitu dengan menjaga bahan bakar untuk selalu terisi penuh, hal ini agar mengurangi efek uap air atau karat pada tangki. tetapi apabila kualitas bahan bakar kurang baik, ada baiknya perangkat ini untuk diperhatikan kembali.

Demikianlah Spare part mobil yang harus diganti, semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda. Jika Anda berminat untuk memiliki beberapa aksesoris dan komponen mobil seperti diatas Anda bisa membelinya di Bukalapak, semua disana sudah tersedia dan disertai harga yang bermacam-macam jadi Anda bisa menyesuaikan dengan keuangan Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here